Perspektif Warjito Dalam Pengembangan Pendidikan di SMPN 1 Sendang Agung
LAMPUNG TENGAH (Handalnews) Kendati belum lama menjabat sebagai Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sendang Agung, Lampung Tengah, Hi. Warjito, S.Pd.,M.M., senantiasa berupaya memberikan inspirasi, transformasi dan inovasi kepada seluruh komunitas disekolah tersebut agar membawa dampak perubahan kearah yang lebih positif, hal ini didasari pada kesadaran akan pengaruh dunia pendidikan dalam membentuk karakter bagi generasi penerus bangsa serta menciptakan lingkungan belajar-mengajar yang kondusif.
Pada kesempatan ini, penulis coba membagikan perspektif tentang sosok dari Hi. Warjito S.Pd.,M.M., yang telah mendapat amanah dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menempati jabatan sebagai Kepala SMP Negeri 1 Sendang Agung dalam segala upayanya menjadi agen perubahan yang kuat dan inspiratif.
Bagi Warjito, langkah pertama yang harus diambil oleh seorang kepala sekolah adalah membangun koneksi yang kuat dengan guru, murid, orang tua wali murid dan seluruh elemen sekolah.
“Komunikasi terbuka dan pendekatan yang inklusif adalah kunci dalam membangun hubungan yang positif. Dengan menghargai pandangan dan ide dari semua pihak, kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi,” ujarnya.
Selain itu, menurut dia, seorang kepala sekolah juga harus meresapi budaya sekolah yang sudah ada dengan teliti, yang melibatkan pengenalan diri kepada sejarah, nilai-nilai, dan tradisi sekolah. “Dengan pemahaman yang mendalam tentang budaya sekolah, kepala sekolah dapat mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan membangun inovasi yang disesuaikan dengan nilai-nilai yang dianut sekolah,” tutur Warjito dalam dialog dengan awak media belum lama ini.
Lebih lanjut dikatakan, seorang kepala sekolah harus menjadi advokat pembelajaran yang berkualitas, dimana mereka harus bekerja sama dengan rekan guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran inovatif, mengintegrasikan teknologi dan memastikan bahwa pembelajaran relevan dengan perkembangan terbaru dalam pendidikan ditambah memfokuskan perhatian pada pembelajaran yang bermutu akan membantu meningkatkan prestasi murid.
Selain itu menurut Warjito, salah satu peran kepala sekolah adalah menggalakkan inovasi dan kreativitas di lingkungan sekolah agar dapat memberikan dorongan kepada guru dalam mencoba metode pembelajaran baru, berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang inovatif, dan menciptakan lingkungan di mana gagasan baru selalu diberi ruang untuk tumbuh maupun berkembang.
Dikatakan Warjito, sebagai seorang kepala sekolah yang baru menjabat, dirinya harus bisa di bantu menjadi advokat dalam mengawal pembelajaran yang berkualitas dan bekerja sama dengan rekan guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran inovatif, mengintegrasikan teknologi, dan memastikan bahwa pembelajaran relevan dengan perkembangan terbaru dalam pendidikan.
Bagi Warjito, manajemen anggaran yang bijak adalah keterampilan yang penting bagi kepala sekolah dimana harus memastikan bahwa sumber daya sekolah digunakan secara efisien untuk mendukung program-program pendidikan yang inovatif, maupun mendukung pengembangan kompetensi guru serta dapat memberikan pelatihan dan dukungan yang diperlukan untuk membantu guru meningkatkan keterampilan mereka.
“Seorang kepala sekolah dapat membawa perubahan positif yang akan memberikan dampak jangka panjang bagi siswa dan komunitas pendidikan secara keseluruhan. Melalui komitmen pada pembelajaran berkualitas dan menjadi pemimpin yang inspiratif dalam dunia pendidikan yang terus berkembang,” tutupnya.
(Iron Guna)